Tuesday, May 31, 2016

Being Plus-Size Women: My Personal Disappointment

Being a plus-size woman in Indonesia, well i guess it's almost everywhere, is tricky. It's quite hard to find the right clothes to wear but still look trendy, find someone who loves you no matter how big you are, and find the role model or platform that inspire you the most to boost up your confidence.

The last point that I mention above, adalah alasan gue kembali menulis dalam seri ini. Pagi tadi, seperti biasa, gue membuka aplikasi favorite gue, Instagram, untuk mengisi waktu yang sedang senggang. Lagi asik scrolling through my instagram feed, gue menemukan sebuah foto dari akun bernama 'tasbynara'. Dalam foto tersebut, ada tas yang sepertinya dipromosikan lewat akun tersebut. Kebingungan menghampiri gue ketika melihat foto tersebut, alasannya adalah gue itu tipe pengguna instagram yang jarang-jarang follow online shop kecuali gue memang tertarik dengan produknya atau gue kenal sama yang punya online shop, and as long as I can remember, gue gak pernah mengikuti akun tersebut (secara tas yang dijual bukan kesukaan gue). Setelah gue perhatikan siapa saja mutual followers di akun tersebut, ternyata umumnya dimiliki oleh para plus-size women dari Indonesia yang memang gue tahu, salah satunya adalah teman baru gue yang sama-sama punya interest di plus-size life, Monica. Tanpa pikir panjang, gue langsung menghubungi Monica via Line untuk menanyakan tentang akun tersebut. 

Setelah diperhatikan dan didiskusikan dengan Monica, rupanya akun tersebut sebelumnya adalah akun @OOTDBIGSIZEINDONESIA yang merupakan salah satu akun yang cukup rajin me-repost outfit para wanita bertubuh besar di Indonesia. Di situ lah kekecewaan gue muncul.

To be honest, kecurigaan gue muncul sejak melihat jumlah followers yang mencapai 10K saat gue pertama kali men-follow akun tersebut. Bukannya apa-apa, jumlah 10k itu bagi gue pribadi agak mencengangkan aja untuk akun yang terbilang baru dan memunculkan topik yang terbilang baru juga di Indonesia. Kecurigaan gue makin muncul ketika akun tersebut jadi sering mengunggah iklan-iklan, entah sebagai bentuk paid promote atau endorsement, ketimbang me-repost outfit wanita-wanita bertubuh besar, seperti tujuan awalnya. And this morning, kecurigaan gue terbukti bahwa akun ini tidak 'setulus' apa yang gue harapkan.

Mungkin belum terjawab kenapa gue kecewa terhadap akun tersebut. Bukan bermaksud melarang-larang untuk membelli atau menjual akun yang punya followers, itu hak kalian para pengguna Instagram, tapi gue kecewa karena selama ini gue merasa akun jenis itu bisa jadi wadah yang baik untuk membantu para plus-size women di Indonesia untuk lebih percaya diri, salah satunya dalam hal berpakaian. Memang sih, saat ini ada beberapa akun serupa lainnya, tetapi sangat disayangkan aja kalau harus kehilangan satu akun yang bisa saling membantu plus-size women untuk makin baik. Sampai detik ini gue gak tau, perubahan visi misi si akun itu karena memang dijual atau di hack, tapi gue menyimpan kekecewaan tersendiri kalau ternyata tidak di hack. Gue sendiri merasa akun itu, dulunya, adalah salah satu wadah yang cukup membantu gue dalam hal meningkatkan rasa percaya diri dalam berpakaian, terlepas dari paid promote-nya yang bikin gue sering merasa risih. Karena itu, kemudian gue memutuskan untuk men-unfollow akun tersebut sebagai suatu bentuk kekecewaan gue. 

Sebagai seorang plus-size woman, gue berharap bahwa akun-akun lain yang juga sering me-repost outfit para wanita bertubuh besar di Indonesia tidak melakukan hal serupa dengan mengumpulkan followers banyak untuk kemudian menjual akun tersebut untuk menjual dagangannya. 

But hey, chin up! Inspiration can comes from any unexpected place, right? Mati satu, tumbuh seribu! There are some similar accounts that you can follow and lot of plus-size women in Instagram that really welcome to be your insta-friends, so you won't be alone after all (based on my experience, that's the best thing that happened to me!).

Remember, ladies...you are beautiful not because of your size, but because you're comfortable with yourself!

No comments:

Post a Comment