Skip to main content

Being Plus-size Women: 'Embrace your Curve' Event

Just a quick post for this time,

sedikit cerita, beberapa waktu yang lalu gue mendapatkan informasi dari akun Instagram Ririe Bogar, salah satu ikon plus-size di Indonesia, bahwa dirinya terpilih menjadi Director untuk International Fuller Woman Network yang mulai mengekspansi diri ke kawasan Asia. Menurut gue, hal tersebut sangat-sangat menarik karena akhirnya Asia mulai dilirik untuk isu-isu body positive, terutama bagi mereka yang bertubuh plus-size. Ririe Bogar tentunya jadi sosok yang pas banget untuk dipilih menjadi perwakilan wilayah Asia melihat dedikasinya yang tinggi untuk menyebarkan pesan-pesan positive terkait dengan isu body image bagi wanita bertubuh plus-size di Indonesia. Kalau kalian mengikuti akun Instagramnya, @ririebogar, dirinya rajin banget update seputar isu tersebut dan favorite gue adalah ketika dirinya menginformasikan kepada semua orang bahwa memiliki tubuh besar harus tetap menjaga kesehatan dan gak selalu berarti orang dengan tubuh besar itu tidak sehat. 

Anyway, bersamaan dengan ditunjuknya mbak Ririe Bogar sebagai Asia Director, Fuller Woman Network juga mengumumkan bahwa tahun 2017, bakal ada expo yang dedicated for plus-size/curvy woman di Jakarta. Informasi tersebut benar-benar bikin gue bahagia karena akhirnya, gue gak cuman bisa merasa iri dengan plus-size woman di Amerika yang sering membuat expo, seminar, dsb. Kenapa info soal plus-size expo ini bikin gue senang? Karena akhirnya wanita bertubuh besar diberi ruang untuk mengembangkan diri lebih besar lagi dan bisa saling support. Harapan gue sih, remaja dan para wanita muda yang bertubuh besar bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dan bisa lebih produktif tanpa harus khawatir sama ukuran tubuh, especially buat mereka yang mau terjun di depan layar dunia fashion (misalnya jadi fashion bloggers/ig-ers atau jadi model). 



Nah, karena tahun 2017 masih berbulan-bulan lagi, bakal ada mini-event di tanggal 16 Juli besok di At America, Pacific Place Jakarta dari jam 7 malam - 8.30 malam. Di event dengan judul 'Embrace your Curves', kita bisa ikutan diskusi seputar being plus-size dan fashion bareng sejumlah pembicara, seperti Ririe Bogar herself, Cassandra Jones-McBryde selaku founder dari Int'l Fuller Woman Network, Riezki Aisah selaku model plus-size dari Indonesia dan founder Curvy Yoga Indonesia (they're new and superb inspiring, because basically everyone can do yoga!), Suzanne Subijanto selaku owner MySize boutique (yg tokonya pernah gue sebut di postingan tentang rekomendasi plus-size clothing store), dan Marcella Lomowa yang dikenal sebagai presenter.

I really can't wait to attend this event karena topik ini masih 'baru' di Indonesia dan menarik untuk disaksikan. Hopefully, gue mendapat banyak ilmu dari acara itu. Buat kalian yang kebetulan membaca postingan ini dan tertarik buat datang ke acaranya, bisa banget datang dan siapa tau bisa ketemu+sharing bersama-sama! Oh ya acara ini free jadi siapapun bisa datang dan berbagi pengalaman bersama-sama :)

See you at this event!

Popular posts from this blog

Being Plus-Size Woman: in Indonesia

Apa sih sebenarnya Plus-Size? Bertubuh besar? or else?
Berhubung di dalam blog ini gak bisa terlepaskan dari istilah 'plus-size', rasanya penting banget buat terlebih dulu tahu apa yang dimaksud dengan plus-size, atau secara lebih spesifik 'plus-size clothing'. 
Gue masih ingat kalau zaman sd (early 2000), dan bahkan sampai saat ini, wanita dengan ukuran tubuh yang lebih dari normal (not skinny, but average body size) sering disebut gendut. Gak sedikit yang menganggap kata tersebut cukup menyakitkan, bahkan buat mereka yang badannya gak tergolong gendut. Oh ya, gendut disini bisa gue kategorikan sebagai orang-orang yang menggunakan pakaian dengan size XL keatas loh ya...atau size 12 and above kalau ngikutin standart baju-baju  dari Amerika Serikat. Bagi mereka yang masih bisa pake baju ukuran L kebawah, don't you dare to call your self a fat girl! Buat mempermudah, bisa dilihat di chart yang ada dibawah:

Istilah plus-size kemudian gue gunakan untuk memperhalus apa …

Not His Story: From The Heart of Japan

Ohayou!
Maafkan minimnya komitmen saya dalam membagi cerita di halaman blog ini. Percaya-lah, semakin mendekati UAS, semakin saya malas untuk menulis di sini...karena terlalu banyak makalah yang harus dibuat demi menyelesaikan kuliah 4 tahun! 
Gak terasa hari ini adalah hari terakhir di bulan Mei..yang artinya besok sudah masuk ke tengah tahun 2015 yang baik ini. Juni selalu jadi bulan favorite gue untuk beragam hal, salah satunya adalah liburan panjang. Meskipun tahun ini, liburan panjang akan diisi dengan mempersiapkan proposal untuk Pelatihan Etnografi ke Desa Aweh, Rangkas Bitung, Banten. Well, setidaknya ada kegiatan yang jelas di liburan nanti sambil menikmati puasa Ramadhan. Wew...sebentar lagi puasa...waktunya membayar puasa yang bolong tahun lalu!

Di akhir bulan ini, gue menghabiskan waktu di sebuah mall baru dengan konsep yang rasanya belum pernah ditemukan di Indonesia. Yap! I visited AEON MALL BSD CITY sejak grand opening-nya kemarin. Kalau diminta 3 kata untuk menggambark…

Fashion Addiction: Plus-Size Clothing Shop in Indonesia

Berkaca pada sejumlah komentar yang gue peroleh di 'Being Plus-Size Woman: in Indonesia', banyak yang memberikan saran kepada gue seputar toko-toko yang menjual pakaian untuk wanita bertubuh besar. Pada tulisan gue itu, memang gue mengungkapkan salah satu kesulitan menjadi wanita plus-size di Indonesia adalah memperoleh pakaian yang tidak hanya cukup di tubuh tapi juga tetap terlihat stylist.So, i guess it's kinda important to help fellow plus-size woman in Indonesia for that problem by give you some references where to shop. Because i do believe, plus-size woman can be fashionable! Oh ya, semua toko yang gue jadikan referensi di sini belum tentu semuanya sudah gue datangi dan berbelanja di sana ya.

(ps: kalau kamu terlalu malas untuk banya postingan ini, I made a video about it on my youtube channel, check it out!)


Gue akan membagi dua kategori dalam tulisan ini, yang pertama adalah offline shop a.k.a. toko-toko fisik yang bisa kita langsung datangi untuk mencari baju ya…