Tuesday, August 2, 2016

Being a Plus-Size Woman: Am I Big Enough to be Called as Plus-Size?

As you know, I am a self-proclaimed plus-size woman. Well, ke-pd-an gue untuk menyebut diri sebagai seorang plus-size woman sebetulnya dilandasi oleh definisi 'plus-size' dari Plus Model Magazine. Kalau menurut salah satu halaman di  website mereka,

" The term 'Plus Size' is an industry standard that applies to any women who is over a size 12. To be even more specific, the fashion industry identifies plus size as sizes 12-24, super size as sizes 4X-6X and extended size as 7X and up " 

Berhubung gue selalu menggunakan pakaian dengan ukuran (US or UK standard) 16, maka gue cukup percaya diri untuk menyebut diri sendiri as a plus-size woman. Namun, beberapa waktu lalu, gue kembali mempertanyakan identitas gue tersebut. Apakah tubuh gue benar-benar masuk dalam kategori Plus-Size, terutama di Indonesia? Pertanyaan tersebut muncul karena ada sejumlah komentar yang pernah gue peroleh di dunia maya yang menyatakan bahwa I am not a plus-size woman. Karena pernyataan tersebut sering menghantui gue beberapa waktu belakangan, I decided to ask three plus-size icons from Indonesia. They are Aditira Hanim a.k.a. @Tiraemon on Instagram, mbak Ririe Bogar (@ririebogar on Instagram), and Intan Kemala Sari a.k.a @kemalasari on Instagram. 

Oh ya, gue rasa pertanyaan seputar kriteria 'plus-size' di Indonesia cukup penting, especially when it comes to the identity that we want to show to others. That's why I am asking them that kind of question to make it clear. 

Sosok pertama yang gue tanya tentang kriteria plus-size di Indonesia adalah Mbak Ririe Bogar. FYI, mbak Ririe adalah ikon plus-size Indonesia dan telah ditunjuk sebagai Asia Director for The Fuller Woman International. Back to the topic, lewat Instagram Message, mbak Ririe berpendapat bahwa kriteria seseorang disebut plus-size adalah dari berat badan dan penampilan fisiknya. Minimal berat badan untuk bisa disebut 'plus-size' sendiri, menurutnya, adalah 70kg.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Intan Kemala Sari, a plus-size icon/beauty youtubers/writer, lewat Instagram Message seputar kriteria plus-size di Indonesia. Menurutnya, plus-size itu berarti memiliki badan yang besar dan memenuhi kriteria berat badan tertentu,
"Kalau setauku mereka (plus-size) seperti ada patokan berat badan sendiri...misalnya yang bb (berat badan)-nya 75kg atau 80kg ke atas baru di anggap besar."
Intan menambahkan bahwa jika kriteria plus-size di Indonesia dilandasi oleh ukuran pakaian, dirasa agak sulit mengingat tiap brand pakaian memiliki standard ukuran yang berbeda-beda.

Tira punya pendapat yang sedikit berbeda dari mbak Ririe dan Intan. Menurutnya, seseorang masuk kategori plus-size dari ukuran pakaian yang ia gunakan,
"...aku sih liatnya juga dari size baju sih na, kalau udah lebih dari XL so yaaa aku sebut mereka plus size"
Membaca kembali pendapat dari ketiga plus-size icon from Indonesia di atas, gue mencoba merangkum poin-poin penting yang menjadi kriteria seseorang di sebut 'Plus-Size' di Indonesia.

  1. You have a big body: Melihat penampilan fisik adalah cara termudah mengindetifikasi seseorang sebagai plus-size. Namun, di balik kemudahan tersebut, ada pandangan tentang 'tubuh besar' yang sifatnya relatif. Pasti pernah dong mendengar teman kamu yang menurutmu langsing mengeluh 'duh badan gue gendut nih!'. Nah itu adalah contoh sederhana gimana 'besar' dipandang beragam, tergantung orangnya masing-masing. 
  2. Wear size 12 and above/XL and above: Mengikuti definisi 'plus-size' dari Plus Model Mag, seseorang tergolong 'plus-size' kalau biasa menggunakan pakaian dengan ukuran 12 ke atas. Yang perlu diingat, pakaian dengan ukuran tersebut harus pas di tubuh, bukan yang oversized/kedodoran. Nah, the tricky part of using this criteria adalah tiap brand pakaian atau tiap produsen, punya standard ukuran yang beragam.  
  3. Punya berat badan diatas 70 kg: Berhubung 'besar' itu relatif, baik dari segi penampilan fisik atau pakaian, melihat sesuatu yang konkrit adalah hal yang dibutuhkan untuk menilai apakah seseorang masuk kriteria plus-size atau tidak. Berat badan, menurut gue, adalah cara paling mudah dan cukup efektif untuk menentukan apakah seseorang masuk dalam kategori 'plus-size' atau tidak. 
Ketiga poin yang sudah gue rangkum di atas bisa dijadikan panduan bagi kalian yang masih bingung apakah masuk dalam kategori plus-size bagi wanita Indonesia. Pada dasarnya, 'being a plus-size woman' adalah identitas yang kita pilih untuk berbagai alasan, misalnya saja untuk bisa berbaur dalam suatu kelompok masyarakat atau hanya sebatas tools untuk mempermudah diri kita mencari inspirasi dalam berpakaian. Kalau kalian memenuhi semua kriteria di atas tapi enggan menyebut diri sebagai 'plus-size', it's not a problem. Pada dasarnya, tulisan ini gue buat untuk membantu mendefinisikan plus-size di Indonesia, karena tiap negara punya standard yang berbeda-beda bukan? 


Oh ya, siapa tahu juga, lewat tulisan ini kalian yang sebetulnya tidak 'plus-size' bisa berhenti bilang 'duh gue gendut!' :p Just kidding!

So, do you have your own definition of 'plus-size'? Share with me ;)


------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Interviewees' Brief Profile
  • Ririe Bogar: Plus-size icon Indonesia yang kini menjabat sebagai Asia Director dari The Fuller Woman adalah penulis dari buku berjudul "Cantik Ejaannya Bukan K.U.R.U.S.". Ia juga merupakan founder dari Miss Big Indonesia, Xtra-L Community, RB Models, dan Curvy Yoga Indonesia. Check out her superb motivating instagram: @Ririebogar
  • Intan Kemala Sari: dengan jumlah followers Instagram sebesar 8000 akun, rasanya tepat menyebutnya sebagai seorang plus-size icon dari Indonesia. She's also a journalist for one of online media platforms in Indonesia. Selain sering mengunggah foto-foto dengan caption yang menceritakan pengalamannya sebagai seorang plus-size woman, ia juga kerap mengunggah video dengan topik make-up dan belajar bahasa. Check out her instagram: @KemalaSari
  • Aditra Hanim: The superb stylish plus-size woman satu ini berasal dari Garut. Gayanya yang trendi menjadikannya role model bagi para plus-size woman di Indonesia, especially teenager-young adult, yang ingin terlihat fashionable dengan tubuh besar. She's also so humble dan sangat menyenangkan untuk diajak sharing. Check out her style on her instagram @tiraemon.